Macam-macam Search Engine Beserta Kelebihan & Kekurangannya

Search Engine

Apa itu search engine? Search engine merupakan sebuah program komputer yang berbasis website yang dirancang untuk memudahkan seseorang dalam mencari informasi di dunia maya. Cara kerja search engine cukup mudah, Anda tinggal memasukkan kata kunci atau informasi yang diinginkan kemudian klik tombol pencarian dan keluarlah informasi yang Anda butuhkan dari berbagai sumber. Seiring dengan perkembangan teknologi dan zaman, hingga saat ini sudah banyak search engine di seluruh penjuru dunia. Apa saja macam-macam search engine?

Google

Siapa yang tidak kenal dengan search engine satu ini? Google merupakan perusahaan yang sudah berdiri sejak tahun 1998 dan hingga saat ini masih populer diantara mesin penelusuran. Kehebatan dan kepopulerannya dalam dunia maya membuat Google mendapat julukan sebagai “The King of Search Engine”.

Adapun kelebihan dari google adalah kecepatannya dalam mencari informasi yang kita inginkan, fiturnya yang lebih canggih dibandingkan search engine lainnya dan tampilannya yang sederhana. Google juga memiliki kekurangan, yaitu sering dijadikan target para spammer untuk menampilkan iklan yang pada dasarnya sangat mengganggu. Para spammer biasanya akan mencari celah di sistem algoritma Google untuk menampilkan iklan mereka di halaman terdepan pencarian Google.

Yahoo!

Macam-macam search engine selanjutnya adalah Yahoo! yang merupakan mesin pencarian saingan Google yang bersifat multinasional dan berpusat di California, Amerika Serikat. Yahoo! didirikan pada tahun 1994 oleh Jery Yang dan David Filo serta menjadi search engine terutama dibanding yang lainnya. Salah satu keunikan dari Yahoo! adalah tampilan websitenya yang menyerupai portal berita.

Kelebihan dari search engine ini diantaranya menyediakan fasilitas email gratis, sistem surat menyurat yang lebih modern serta memiliki fasilitas berupa Yahoo! Messenger untuk mempermudah orang dalam berkomunikasi. Kekurangannya adalah tampilan websitenya yang kurang ramah, terkesan terlalu ramai dan pembuatan emailnya yang terlalu mudah sehingga banyak orang yang menyalah gunakan.

Bing

Bing merupakan mesin pencari buatan Microsoft yang masih muda karena baru diluncurkan pada tahun 2009 silam. Pada dasarnya Bing merupakan reinkarnasi atau bisa dibilang penyempurnaan dari mesin pencarian sebelumnya, yaitu Live Search, MSN dan Windows Live Search. Meskipun penggunaannya tidak sepopuler Google dan Yahoo, akan tetapi Bing memiliki kelebihan dalam filter pencarian informasi.

Kelebihan filter tersebut adalah kita dapat menambahkan kriteria dalam pencarian sehingga nantinya dapat terfilter secara detail. Fitur filter tersebut lebih mudah penggunaannya karena dapat diaktifkan dan dinonaktifkan sesuai dengan keinginan. Untuk kekurangannya sendiri, Bing masih kalah populer, proses pencariannya juga kurang cepat dibandingkan yang lainnya dan fiturnya yang kurang lengkap.

DuckDuck Go

DuckDuckGo merupakan search engine berbasis Linux yang cukup unik, mereka menggunakan informasi yang terdapat pada Wikipedia dan bermitra dengan search engine lainnya seperti Yandex, Yahoo serta Bing. Pada mulanya mesin pencarian ini didirikan oleh Gabriel Weinberg, akan tetapi pada tahun 2006 oleh Amerika Online.

Kelebihan dari mesin pencarian ini adalah mereka dirancang untuk menghormati privasi penggunanya sehingga mereka aman berselancar di dunia maya tanpa takut data mereka disalahgunakan. Sedangkan sisi lemahnya adalah fiturnya yang kurang lengkap dan sangat terbatas penggunaannya sehingga masih ada orang yang belum tertarik terhadap search engine ini.

Nah itulah macam-macam search engine yang ada di seluruh dunia beserta dengan kelebihan dan kekurangannya. Pada dasarnya penggunaan search engine adalah sesuai kenyamanan kita, jadi bebas untuk menggunakan search engine yang cocok dengan Anda.

Artikel ini disadur dari Pakar SEO : https://wahyublahe.id

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *